Selamat Datang di Notebook Sharie

Minggu, 13 Mei 2018

[Blogtour & Review] What A Boss Wants - Christian Simamora

Judul: What A Boss Wants
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Roro Raya Sejahtera (imprint Twigora)
Terbit: Juli 2017
Tebal: 436 hlm
ISBN: 978-602-61138-2-5
Harga: Rp. 97.000


Blurb


SEDUCE ME LIKE YOU’RE TRYING TO GET A PROMOTION 
Setelah cukup lama nyaman dengan status single-nya, akhirnya Soleram Anand jatuh cinta lagi. Kabar buruknya, dia jatuh cinta dengan bosnya sendiri. Tak hanya cerdas dan penuh semangat, Jiro Amadeus Vimana juga memiliki aura seksi yang membuat jantung Sol berdebar hebat. This is really unprofessional. Makanya, satu-satunya cara supaya tak kehilangan respek dari teman-teman sekantor adalah dengan mengubur perasaan itu dalam-dalam dan fokus dalam pekerjaan barunya. 

TREAT ME LIKE I’M THE COMPANY’S BIGGEST CLIENT 
Yang Jiro inginkan adalah menjalani jabatan sebagai direktur Toybox sebaik mungkin, sekaligus berharap suatu saat papanya akan berhenti memandangnya sebelah mata. Dia juga ingin Toybox rutin memproduksi plush toy dengan karakter orisinal, yang suatu saat bisa dijual lisensinya secara internasional. Ambisi besar itu membuatnya mengenal Sol. Jiro yakin sekali, potensi besar cewek itu sanggup membawa Toybox bergerak maju sesuai dengan visi barunya.  

KISS ME LIKE YOU WANT TO GET FIRED 
Namun, setelah spontan berciuman dengan Sol—diikuti dengan malam-malam terpanas dalam hidupnya—Jiro sadar cewek itu tak lagi sekadar desainer baru di perusahaannya. Kini, bertambah satu hal lagi di daftar keinginannya: memastikan Sol jadi miliknya....

Review

Tagline: "Satu-satunya yang lebih luar biasa dari mencintaimu adalah ketika tahu kau juga mencintaiku"

Di bukunya kali ini Abang (sebutan "sayang" Christian Simamora) menawarkan office-romance story di sebuah perusahaan mainan bernama ToyBox. Perusahaan ini berasal dari sebuah usaha mainan rumah tangga yang dirintis oleh keluarga Vimana, yang sekarang dipimpin oleh anak semata wayangnya, Jiro Amadeus Vimana.

Sayangnya, sejak diambil alih pimpinan oleh Jio (nama panggilan dari Jiro), ToyBox belum mengalami kemajuan yang berarti bila dibandingkan saat dipimpin oleh Ayahnya. Hal ini tak lepas oleh pengaruh sang Ayah yang masih besar dalam setiap keputusan yang diambil oleh Jio. 

Di sisi lain, Soleram Anand diterima sebagai pegawai baru ToyBox sebagai desainer. Sol--panggilan Soleram-- sudah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Jiro, Bosnya. Tak heran, setiap hari Sol harus menahan rasa groginya bila berdekatan dengan Jiro. Terlebih, Sol mendapat info dari Rahmat--partnernya di divisi desain sekaligus sepupunya Jiro--bahwa Jiro mempunyai kenangan buruk dalam percintaannya. Apakah Sol hanya bertepuk sebelah tangan?

"Dengan senyuman semanis itu, apa yang hendak kamu tawarkan padaku: jatuh hati atau patah hati?" (hlm. 21)

Menurutku tema yang diangkat oleh Abang sangat menarik yaitu tentang copyright mainan terutama boneka. Aku jadi teringat dengan sebuah perkampungan di daerah tempat tinggalku, Cikampek, yang merupakan area home industry boneka. Banyak karakter boneka dari berbagai serial kartun/anime terkenal yang dibuat di sana. Apakah mereka sudah memegang lisensi dari perusahaan penciptanya? Sepertinya tidak 😅

Oke, kalau membahas masalah copyright memang akan panjang dan tidak ada ujungnya. Namun, aku sangat mengapresiasi Abang yang telah mengangkat tema ini. Setidaknya, yang membaca buku ini akan disadarkan kembali tentang pentingnya menghargai hak cipta orang lain. Susah loh menciptakan sesuatu yang disukai banyak orang 😊

"Memaafkan bukannya lantas mengamini kesalahan yang telah mereka perbuat. Lo memutuskan untuk memaafkan karena itu satu-satunya cara untuk mencegah kenangan tentang mereka menggerogoti kebahagiaan lo." (hlm. 360)

Untuk karakter dua tokoh utamanya, mungkin lebih menonjol back story dari sosok Jiro dibandingkan Soleram. Jiro dideskripsikan mempunyai luka masa lalu dalam percintaannya yaitu dengan pengkhianatan yang dilakukan oleh calon isterinya dengan sahabatnya sendiri. Tak hanya itu, Jiro juga terbebani oleh ketidakpercayaan sang Ayah terhadap kemampuan Jiro, yang membuat Jiro selalu berada dalam bayang-bayang sang Ayah. Bahkan saat berhubungan dengan Sol, Jiro menyarankan untuk backstreet. Huft, bikin sebel kan?

Untunglah, di luar dari ketidaktegasan Jiro akan hubungannya dengan Sol, interaksi dan chemistry antara keduanya memang sangat terasa. So sweet dan bikin "kipas-kipas". Mungkin karna sangat serasi, aku jadi merasa konflik di antara keduanya agak kurang greget. Selain itu, aku merasa Jiro ini kurang "nakal" bila dibandingkan dengan #JBoyFriends lainnya.

Sebenarnya, dari semua tokoh yang ada di buku ini aku lebih tertarik dengan sosok Rahmat. Dia sangat menghibur dan memberi warna yang berbeda dalam buku WABW. Celotehannya itu loh yang bikin aku ketawa, walau ada beberapa joke-nya yang enggak banget

"Kamu cenderung mengalahkan egomu sendiri demi menyenangkan orang lain, terutama papamu." (hlm. 339)

Overall, aku cukup menikmati buku ini (di luar adegan dewasanya ya). Abang Chrismor memang ahli sekali membuat cerita romance yang bikin baper. Gaya penulisannya ringan, sehingga tak perlu waktu yang lama untuk menyelesaikan buku ini. Hanya saja, berhubung buku ini masuk kategori dewasa, harus ada pengawasan dan kedewasaan untuk membaca buku ini.

"Cara orang tua berbicara adalah suara hati anak-anaknya kelak." (hlm. 375)




Challenge:

Tantangan kali ini, host harus berfoto dengan novel. Oke sip.





Kamu juga bisa membaca review buku "What A Boss Wants" di blog-blog di bawah ini, dan jangan lupa ikuti rangkaian Blog Tournya untuk mendapatkan satu eksemplar buku WABW ini di masing-masing blog.


5 komentar:

Desita Wahyuningtias mengatakan...

belum pernah baca seri #JBoyFriends, tapi selalu tertarik pas seri terbarunya keluar,,,
doakan smoga berjodoh dg bukunya jadi bisa mulai koleksi *terlalu banyak buku yang menggoda, hehe

Heni Susanti mengatakan...

Di host sebelumnya aku sempat memepetanyakan apakah nama Jiro typo pas di review ditulis Jio di salah satu paragraf, ternyata emang nama panggilannya ya? 😅

Malah jadi inget murid unyuku yang namanya Geo - baca Jio, nama asli Geoffrey - dan punya pipi montok siap uyel-uyel.

Bikin salah fokus gak ya nanti kalau berkesempatan baca ini? 😂😂

Claupherin mengatakan...

Nama-nama tokohnya unik banget. Soleram dan Jiro. Pas baca nama mereka langsung kepikiran Mexico dan Jepang, masa. Wkwkwk

nunaalia 79 mengatakan...

"Satu-satunya yang lebih luar biasa dari mencintaimu adalah ketika tahu kau juga mencintaiku"

Baru Tagline-nya aja udah bikin baper :D

Aku belum pernah baca seri #JBoyFriends, tapi baca salah satu reviewnya ini jadi penasaran banget. Bang Ino selalu saja mengambil tema-tema yang menarik dan lain dari yang lain. Bikin kepo sama novel-novelnya yang lain.

Dompet mana dompet...? wkwkkwkwk

Cahya S. mengatakan...

Omaigaaat tumben banget babang ino membuat karakter temen deketnya si karakter utama cewe ini seorang lelaki (Rahmat). Biasanya cewe mulu lho. Nah, lagi-lagi babang ino ngasih sesuatu yang beda selain dari karakter Jiro yg lebih cool dibanding jfb lain.

Kayaknya jiro ini tipe jfb yg paling aku suka deh, krn dia semi formal wkwk
Semoga kita bisa berjumpa ya, jiroooooo ehehe

[Blogtour & Giveaway] Tapak Setan - Haditha

Judul: Tapak Setan Penulis: Haditha Penerbit: PT. Elex Media Komputindo Terbit: 2018 Tebal: vi + 217 hlm. ISBN: 978-602-04-7989-7 ...