Selamat Datang di Notebook Sharie

Minggu, 23 Oktober 2016

[Review] : Il Tiramisu - Dy Lunaly

Judul: Il Tiramisu
Penulis: Dy Lunaly
Penerbit: Bentang Pustaka
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Desain Sampul: Nocturvis
Desain Isi: Dy Lunaly
Cetakan: Pertama
Terbitan: April 2016
Tebal: vi + 334 Halaman
ISBN: 978-602-291-174-6
Kategori : YummyLit Serie



BLURB

Gytha terpaksa menerima tawaran kerja sebagai host chef di salah satu acara televisi. ia memenuhi utang budi kepada teman lama meski sebenarnya tidak yakin bisa melakukannya. ditambah lagi Gytha tidak sendirian. Executive Chef di Olive Garden itu akan menjadi host bersama Wisnu, seorang penyanyi yang sedang naik daun.

Meski rupawan dan mutlak digandrungi para wanita, pria itu memberi kesan pertama yang buruk kepaa Gytha. Wisnu Kanigara, tidak lebih dari seorang selebritas yang angkuh dan menyebalkan. Lebih menyebalkan lagi karena mereka harus sering bersama dan terlihat akrab.

Sejak itu, kehidupan Gytha tidak lagi tenang. Ia menjadi incaran media gosip Tanah Air yang haus berita akan kedekatannya dengan Wisnu. Media terus berusaha mengorek apa pun tentangnya. Sampai-sampai hal yang paling dirahasiakan Gytha, tentang masa lalu kelamnya, berhasil diungkap media. Gytha sungguh menyesali keputusannya mengambil pekerjaan ini. Ia menyesal telah terjebak dalam rasa yang tak seharusnya ia simpan untuk pria itu.

REVIEW

"Dalam manisnya terselip sebutir pahit, seperti cinta"


Cinta Gytha terhadap dunia kuliner, membawa dirinya menjadi seorang chef masakan Italia. Hal ini membuat Gytha mempunyai impian untuk membuka restauran sendiri di daerah Senggigi, Lombok. Untuk mewujudkannya impian tingginya itu, Gytha terpaksa keluar dari zona aman'nya sebagai chef . Dia menerima tawaran Diandra, untuk menjadi host chef di acara televisi "Everybody Can Be a Chef".


Tidak terbiasa di depan kamera membuat Gytha canggung sehingga menyebabkan dirinya selalu membuat kesalahan saat syuting. Hal ini semakin diperparah oleh sikap Wisnu, partner kerjanya yang sangat mengintimidasi. Wisnu, artis yang sedang naik daun, merasa Gytha telah membuang-buang waktu berharganya. Sanking kesalnya, Wisnu bahkan meragukan kemampuan Gytha.

"Are You really a chef?"... (hal. 58)

Gytha sangat terpengaruh dengan aura negatif yang diberikan oleh Wisnu tersebut. Tidak hanya di tempat syuting, badmood Gytha juga berlanjut ke Olive Garden, tempat dirinya bekerja sebagai executive chef.  Tetapi untunglah hal ini tidak berlangsung lama, Gytha kembali fokus ke tujuan awalnya.

Selain berusaha memperbaiki hubungannya dengan Wisnu, Gytha juga harus menghadapi "serangan" dari wartawan infotainment yang mengungkap masa lalu pahit Gytha. Apakah Gytha bisa menghadapi masalah tersebut? Bagaimana hubungannya dengan Wisnu? Berhasilkah Gytha mewujudkan impiannya?

"Kamu bisa aja ngerencanain hidup kamu lurus tanpa hambatan. Tapi percaya sama Ayah. Nggak ada hidup yang mulus dan gampang karena perjuangan itu satu-satunya bukti bahwa kita hidup" ... (Hal. 95)

Paket Spesial Il Tiramisu.
I got number 3

COVER

Aku suka cover-nya. Ada gambar sepotong tiramisu yang membuat ngiler orang yang melihatnya. Sehingga sesuai dengan judul bukunya Il Tiramisu.

TEMA

Kisah cinta yang dibalut oleh kuliner. Yupz, kedua tokoh utamanya memang disatukan oleh acara masak-masak, sehingga sangat terasa unsur kulinernya. Banyak berbagai jenis makanan, terutama makanan Italia yang dibahas oleh penulis. Bahkan berbagai tips mengolah suatu bahan untuk dijadikan sebuah makanan. Aku jadi merasa penulis mempunyai basic dalam dunia kuliner. Haha... Sayangnya unsur romance yang tersaji diantara kedua tokohnya tidak terasa. 

TOKOH 

  • Gytha Syareefa Thaheer
          Wanita berambut hitam ikal dan berkulit sawo matang ini mempunyai impian yang tinggi, yaitu memiliki sebuah restoran kecil yang selalu dirindukan oleh setiap tamu yang pernah berkunjung. Impian yang berusaha dia wujudkan dengan bekerja keras. Salah satunya adalah menerima tawaran sebagai host chef . Namun, sebesar apapun impiannya itu, Gytha tidak melupakan prioritas utamanya menjadi seorang ibu untuk Nakhla.

"Buat seorang ibu, nggak ada yang lebih penting selain kebahagiaan anaknya. Sekalipun itu berarti meninggalkan sumber kebahagiannya sendiri, kan?" ... (Hal. 3)

          Aku sangat suka dengan karakter Gytha yang sederhana. Namun di balik kesederhanaannya itu, dia adalah wanita yang kuat dan mandiri. Apapun akan dia lakukan untuk kebahagiaan orang-orang yang sangat ia cintai. Gytha akan melepaskan kebahagiaan dirinya sendiri, asal orang-orang yang dicintainya bahagia.

"Aku nggak nyerah. Aku cuma memilih berhenti berusaha." ... (Hal. 315)
  • Wisnu Kanigara
         Lelaki tampan bertubuh tinggi dan ramping ini adalah seorang penyanyi yang sedang naik daun. Dengan matanya yang tajam, Wisnu bisa membuat siapa saja yang menatapnya akan merasa terhipnotis. Dari segala kelebihannya itu, Wisnu mempunyai rahasia kecil yang hanya orang-orang yang dipercayainya saja yang tahu.

"Kamu nggak perlu kasihan sama dia. Kita juga sama dengan dia, kan? Sadar atau nggak, kita semua pakai topeng." .... (Hal. 150)

          Dengan aura misterius yang dimilikinya, aku sangat penasaran dengan sosok Wisnu. Menerka-nerka rahasia apa yang disimpannya. Sama seperti Gytha, Wisnu juga berjuang keras untuk melindungi orang yang disayanginya. Namun, ada sisi "labil" yang membuat aku sangat gemes dengan Wisnu. Jadi pengen nyubit. #Ehh

"Lebih baik kamu pergi sebelum terlambat. Kamu benar. Kita ..." (Hal.211)
  • Nakhla
        Balita berpipi chubby ini adalah matahari kecil Gytha. Gytha sangat menyayangi bocah yang sangat lucu ini. Apapun akan Gytha lakukan untuk kebahagiaan balita yang punya panggilan sayang, yaiu Bambi. Balita yang sangat menyukai pancake ini, sempat menjadi bahan pemberitaan para hiena. Mereka mengorek-ngorek masa lalu Nakhla. Jujur bagian ini bikin aku marah dan sedih, tega banget ya para wartawan infotainment dalam memilih berita.

"Masalah nama baikku? Prioritasku Nakhla, Mas. Aku bersedia ngelakuin apa pun selama itu bisa memastikan Nakhla bahagia. Sekalipun aku harus dicap cewek nggak benar karena aku punya anak di luar nikah, aku siap. Yang penting orang-orang terdekaku tahu gimana kenyataan sebenarnya." ...(Hal. 298)

  • Arianne
          Wanita pemilik dari Olive Garden ini adalah sahabat terbaik yang dimiliki oleh Gytha. Arianne dengan senang hati menyewakan vila keluarganya di Senggigi, saat Gytha memutuskan menjauh dari Jakarta. Arianne menjadi orang pertama yang selalu men-support kepada Gytha. Hanya kepadanya dan Ernest saja Gytha bisa mengeluarkan semua kesah di dalam hatinya. 

"Lo bisa, Gyth. Gue yakin lo bisa. Lo tahu kenapa? Karena Gytha yang gue kenal itu Gytha yang kuat, yang nggak gampang nyerah. Gytha yang gue kenal paling nggak suka kalau diremehin." ... (Hal. 69)
  • Ernest
          Lelaki pengertian yang tinggal di Roma, Italia ini adalah sahabat sekaligus mantan Gytha. Hubungan diantara keduanya masih tetap terjalin, walaupun Gytha sudah kembali ke Indonesia. Ernest dan Gytha selalu memberi kabar via email. Ernest pun menjadi orang yang selalu dimintai saran oleh Gytha. Ernest memang menjadi tokoh yang paling ideal disini, walaupun lebih mengenal disinya lewat surat-surat elektronik antara dirinya dengan Gytha, tapi kebaikannya membuatku jatuh cinta. Hehe... Sayangnya perasaan Ernest dan Gytha hanya sebatas persahabatan. Kalau tidak, Ernest bisa jadi saingan utama Wisnu. Bahkan Wisnu pernah merasa cemburu dengan hubungan yang terjadi diantara Ernest dan Gytha.

"Cuma cowok bodoh yang mau ngelepasin Gytha. Sekali kamu kenal siapa Gytha sebenarnya kamu pasti nggak akan mau ngelepasin dia. Apa pun alasannya. Kamu juga ngerasain itu, kan?" ...(Hal. 289)
  • David
          Cowok ini adalah pacar Arianne. Dia juga bekerja di Olive Garden. Mojito buatannya adalah yang paling enak di Olive Garden dan menjadi minuman favorit Gytha. Sosok David tidak mendapat porsi yang besar di buku ini. Namun, dia menjadi sosok pengingat dan menyadarkan Gytha saat Gytha sedang marah tak menentu akibat tekanan yang Gytha dapat saat bersama Wisnu. 
  • Candra
          Pria berusia awal 40 tahun dan sangat ramah ini adalah manager Wisnu sejak Wisnu memulai karir keartisannya. Tidak hanya mampu mengatur jadwal Wisnu dengan baik, Chandra juga mau memahami apa yang diinginkan Wisnu. Candra juga yang selalu meningatkan Wisnu tentang tujuan awalnya di dunia entertainment.
  • Diandra
          Cewek yang merupakan teman SMP Gytha ini adalah orang yang menawarkan Gytha pekerjaan sebagai host chef . Diandra jenis wanita yang tahu bagaimana memanfaatkan kebaikan yang pernah dilakukannya. Dan Gytha adalah salah satu korbannya. Gytha tak kuasa menolak tawaran tersebut karna dia memiliki utang budi kepada Diandra. Syukurlah sosok Diandra ini tidak dibahas lebih jauh lagi. Bisa-bisa emosi nih aku. haha...
  • Lala
          Cewek yang berprofesi sebagai ilustrator buku anak ini adalah adik semata wayang Wisnu. Berbeda dengan Wisnu yang sering bersikap dingin, Lala sangat supel dan ceria. Buku anak-anak ketujuh yang didesainnya, Pangeran yang Lupa Melepaskan Mahkotanya, terinspirasi oleh sosok Wisnu. 
  • Cantika
          Aktris pendatang baru ini adalah sosok di masa lalu Wisnu. Cantika membuat Wisnu tergila-gila kepadanya. Sayangnya Cantika hanya memanfaatkan Wisnu untuk mengejar popularitas. Wisnu tersadar setelah menemukan Cantika sedang private party di kamar hotel bersama beberapa pria. Cantika juga yang dengan sengaja menabrak Wisnu dengan mobilnya, yang mengakibatkan Wisnu terluka dan beberapa tulang rusuknya patah. Gila banget ya nih cewek. Hmph.

PLOT & SUDUT PANDANG

Novel ini menggunakan alur maju dan mundur. Alur maju digunakan di bab awal dan akhir untuk menceritakan masa sekarang. Sedangkan alur mundurnya digunakan untuk menceritakan tentang perkenalan kedua tokoh utamanya di Jakarta. Sudut pandangnya pun menggunakan dua sudut pandang yang berbeda, yaitu POV 1 sebagai Gytha, di bab awal dan akhir, dan POV 3 disebagian besar bab.  

KONFLIK

Konflik di novel ini hanya terfokus kepada kedua tokohnya yaitu Gytha dan Wisnu. Mulai dari urusan hati keduanya, tentang mencapai impian masing-masing dan tentang berdamai dengan masa lalu. 

CHEMISTRY

Untuk hal perseteruan diantara Gytha dan Wisnu sangat terasa, interaksinya membuatku sempat merasakan gemes dengan sikap Wisnu ke Gytha. Namun, berbeda sekali dengan kekaraban keduanya. Aku kurang merasakan chemistry diantara keduanya. Kurang greget. Seperti tiba-tiba dipaksakan menjadi akrab. 

KESAN

  • Sejak pertama kali mendapat kesempatan untuk bisa membaca terlebih dahulu 30 halaman pertama, aku sangat suka dan sangat penasaran dengan kelanjutan kisah Gytha dan Wisnu. Bahkan aku nggak sabar untuk menunggu kedatangan paket limited edition novel Il Tiramisu ini.
  • Di novel ini banyak "beterbangan" berbagai macam makanan dan minuman khas Italia, yang bikin aku ngiler dan lapar. Haha... Selain itu, penulis juga menyisipkan beberapa tips dalam memasak, seperti memotong apel, memanfaatkan buah apel yang sudah di kupas, dan bagaimana membuat muffin.

KRITIK & SARAN 

Berhubung ini pertama kali aku membaca karya dari kak Dy Lunaly, aku tidak bisa membandingkan dengan karya sebelumnya. Aku cukup menikmati kisah ini dan membuat aku penasaran hingga akhir. Cuma satu yang kurang yaitu chemistry diantara Gytha dan Wisnu. Alangkah baiknya bila chemistry mereka tidak dibuat terburu-buru.


                                                                         ***

Overall, novel ini cocok dibaca buat pecinta novel romance dan kuliner. Dijamin bikin laper dan baper. hahaa... Rating buat novel Il Tiramisu ini adalah 4 bintang





























Tidak ada komentar:

[Review & Giveaway] Blogtour The Boy Who Bought Me Breakfast During The Whole Year - Ikumisa

Judul: The Boy Who Bought Me Breakfasy During The Whole Year Penulis: Ikumisa Penerbit: Haru Terbit: Februari 2019 Tebal: 356 ISBN: ...