Selamat Datang di Notebook Sharie

Rabu, 21 Desember 2016

[Blogtour & Giveaway] An Ember In The Ashes - Sabaa Tahir

Judul Buku: An Ember In The Ashes
Penulis: Sabaa Tahir
Penerjemah: Yudith Listriandri
Penyunting: Mery Riansyah
Desain Sampul: Aufa Aqil Ghani
Penerbit: Penerbit Spring
Tahun Terbit: November 2016
Tebal: 520 hlm; 20 cm
ISBN: 978-602-74322-8-4

BLURB

Laia seorang budak, Elias seorang prajurit. 
Keduanya bukan orang merdeka

Saat kakak laki-laki Laia ditahan dengan tuduhan pemberontakan, Laia harus mengambil keputusan. Dia rela menjadi mata-mata Komandan Blackcliff, kepala sekolah militer terbaik di Imperium, demi mendapatkan bantuan untuk membebaskan kakaknya. Di sana, dia bertemu dengan prajurit elite bernama Elias.

Elias membenci militer dan ibunya, Sang Komandan yang brutal. Pemuda ini berencana untuk melarikan diri dari Blackcliff, menanggung risiko dicambuk, sampai mati jika ketahuan. Dia hanya ingin bebas.

Elias dan Laia. Keduanya akan segera menyadari bahwa nasib mereka akan saling silang, dan keputusan-keputusan mereka akan menentukan nasib Imperium, dan bangsa mereka.

REVIEW

"Satu hari lagi melakukan ini. Satu hari lagi untuk rasa takut, bersembunyi, dan berbohong. Satu hari lagi sebelum kelulusan. Kemudian aku bebas."
(Hal. 16)

Novel An Ember In The Ashes adalah novel pertama dari empat novel dalam seri An Ember In The Ashes yang direncanakan akan terbit. Novel bergenre dystopia ini menceritakan tentang kekuasaan di Imperium. Di mana ada dua kubu yang bersebrangan, bangsa Martial yang berkuasa dan bangsa Scholar yang ditindas.

Diantara kedua pihak tersebut, munculah sekelompok pejuang bernama Resistance, yang berani melawan bangsa Martial. Kelompok ini menjadi satu-satunya senjata yang dimiliki oleh bangsa Scholar untuk melawan. Mereka pun memegang teguh semboyan Izzat.


"Izzat memiliki banyak arti. Kekuatan, kehormatan, harga diri. Namun, seratus tahun belakangan ini, kata itu bermakna sesuatu yang lebih spesifik: kebebasan."
 (Hal. 50)

Resistancelah yang dimintai bantuan oleh Laia untuk membebaskan kakaknya, Darin. Namun, Resistance pula yang mengirim Laia ke Blackcliff  sebagai Gadis Budak sekaligus mata-mata Sang Komandan.

Di pihak lain, demi mempertahankan kekuasaannya, Kaisar Taius mendirikan Blackcliff, yang menjadi pusat pelatihan prajurit yang mematikan. Tempat yang tujuan awalnya adalah untuk mempersiapkan Kaisar masa depan. Ada empat ujian yang harus dilewati oleh calon Kaisar terpilih, yaitu Ujian Keberanian, Ujian Kecerdikan,  Ujian Kekuatan, dan Ujian Kesetiaan. Di Blackcliff  Elias dan Laia bertemu.

Seperti halnya novel berseri, novel pertama An Ember In The Ashes pun banyak mengenalkan setting, latar maupun tokoh-tokoh yang berperan penting. Namun, jangan berharap cerita di novel ini monoton. Karna sejak awal penulis membawa saya merasakan ketegangan dari kedua tokoh utamanya, Laia dan Elias.

Kisah di novel ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama menceritakan tentang penyerbuan. Bagian kedua menceritakan tentang ujian. Dan bagian ketiga adalah jiwa dan raga. Ketiga bagian ini menyatu dengan sangat alami. Saya seakan melewati babak demi babak dengan ketegangan yang semakin meningkat.

Plot yang digunakan dalam novel ini adalah maju. Kilas balik hanya diceritakan melalui narasi dan dialog antar tokohnya. Kisah ini semakin menarik dengan sudut pandang orang pertama dari dua tokoh utamanya, Laia dan Elias, yang dituturkan secara bergantian.

Saya acungi dua jempol, empat jempol kalau bisa untuk penokohannya. Penulis menggambarkan dengan sangat detail. Karakter tokoh-tokohnya pun sangat kuat. Sehingga tanpa sadar saya merasakan semua emosi yang dialami oleh para tokohnya. Hal ini membuat saya seperti sedang menaiki sebuah rollercoaster dengan railtrack yang sangat panjang. Hati saya diobrak-abrik.

Laia

Berambut gelap, mata berwarna keemasan, tulang pipi tinggi dan bibir penuh. Ia sangat mirip dengan Ayahnya. Seorang gadis yang penakut, namun mempunyai tekat yang kuat. Kebiasaannya adalah menyentuh gelang perak pemberian Ibunya saat Laia membutuhkan kekuatan.

"Jagalah baik-baik untukku, jangkrik kecilku. Seminggu saja. Hanya sampai aku kembali." (Hal.46)

Pertemuannya dengan Elias dan Keenan, membuat dirinya kuat saat menjalankan misi untuk membebaskan kakaknya. Kehadiran keduanya juga membuat hati Laia bergejolak.

"Keenan jauh, sangat jauh, didedikasikan sepenuhnya untuk Resistance. Elias di sini, di hadapanku, hangat, indah, dan hancur." 
(Hal.434)

Elias Veturius

Berasal dari Klan Veturia, dengan tinggi 195 cm, rambut hitam, kulit coklat keemasan, tulang pipi tinggi dan mata abu-abu pucat. Dia sangat berbeda dengan Ibunya yang kejam. Bersama Helene, sahabatnya, Elias terpilih mengikuti ujian yang diberikan oleh Augur. 

"Berfantasi tentang sahabatmu, Elias. Menyedihkan." 
(Hal.57)

Kehadiran Laia, membuat Elias berada dipersimpangan. Dia harus memilih diantara hatinya atau takdirnya.

"Laia adalah tarian liar di api unggun perkemahan Tribe, sementara Helene adalah nyala biru dingin di perapian seorang alkemis."
 (Hal.352)

Ada bagian saat Elias sedang bertengkar dengan Helene yang membuat saya gemas kepada Elias sampai saya ingin menjambaknya dan bilang, "Ah, bodoh sekali kau Elias."

"Mencintaimu adalah hal terburuk yang pernah terjadi padaku-lebih buruk daripada cambukan Komandan, lebih buruk dari Ujian. Ini siksaan, Elias."
 (Hal. 380)

Helene Aquilla

Martial sejati. Satu-satunya gadis yang berada di Blackcliff. Dengan mata biru pucat, rambut  pirang keperakan yang dikepang melingkari kepalanya bagai mahkota, dan tinggi hampir 180cm membuat sosoknya kuat. Helene memikat semua orang di Blackcliff dengan cara yang tidak masuk akal.

"Aku tidak lupa Helene seorang Gadis." 
(Hal.334)

Kepatuhannya membuat Helene tidak pernah melanggar aturan Blackcliff seumur hidupnya. Hal ini sangat disadari oleh dirinya dan Elias. Persahabatannya dengan Elias diuji oleh kehadiran Laia.

"Apa, Kau tidak percaya aku bisa melakukan sesuatu yang baik untuk manusia lain? Aku tidak jahat, Elias, tak peduli apa pun yang kau katakan." 
(Hal. 379)

Keenan

Pejuang Resistance berambut merah terang, berjenggot halus dan mempunyai bintik-bintik di hidung ini menjadi salah satu orang yang menolak misi mata-mata Laia di Blackcliff.

"Tahu tidak? Kukira kau akan mati dalam seminggu. Kau mengejutkanku."
 (Hal. 301)


Satu hal yang sangat disayangkan oleh saya saat membaca novel ini, yaitu ada beberapa adegan kekerasan bahkan terkesan sadis. Hal yang identik dengan masa perbudakan. Saya hanya bisa menghela nafas.

"Komandan menyumpal mulutku, dan belati itu kemudian membakar, merobek, menoreh selarik garis di kulitku." 
(Hal. 211)


Paket dari Penerbit Spring
Overall, saya sangat menikmati kisah di novel An Ember In The Ashes ini. Hal ini dibantu dengan terjemahan yang sangat baik oleh Penerbit Spring. Saya tidak sabar membaca novel keduanya A Torch Against the Night. Semoga novel tersebut segera di terbitkan di Indonesia. Lima bintang untuk novel  An Ember In The Ashes #1


"Kalau kau juga melindungiku. Kita bisa bertahan kalau tetap bersama." 
(Hal.500)










GIVEAWAY TIME!




Hari ketiga Blogtour & Giveaway #AnEmberInTheAshes mampir di blog aku. Sekarang waktuku untuk memberikan pertanyaan yang ketiga, yang harus kalian jawab nanti di FP Penerbit Spring (tgl 24 Desember 2016). Akan ada dua pemenang yang akan dipilih, satu pemenang akan mendapatkan satu eksemplar buku #AnEmberInTheAshes, dan satu pemenang yang lain akan mendapatkan merchandise #AnEmberInTheAshes.

Syaratnya mudah:
  1. Like fanpage Penerbit Spring
  2. Kunjungi keempat blog lainnya yang ada di banner (Gea, TyaGita, dan Nay) untuk melihat pertanyaan-pertanyaan lainnya yang akan kalian jawab nanti. 
  3. Jawab kelima pertanyaan di kolom komentar pada postingan #Giveaway #AnEmberInTheAshes di fanpage Penerbit Spring pada tanggal 24 Desember 2016
Pertanyaan hari ketiga: 

Sebutkan empat ujian yang harus dilewati oleh Elias untuk menjadi seorang Kaisar?


Sambil menunggu GA Final di FP Penerbit Spring, kalian boleh ikut juga GA mininya di blog ini. Akan ada satu pemenang yang mendapatkan satu set bookmark karakter An Ember In The Ashes. 
Caranya mudah:
  • Follow blog ini via email, GFC, atau Google+
  • Share info giveaway ini di twitter atau facebook dengan hestek #AnEmberInTheAshes dan mensyen @nAshari3 & @PenerbitSpring
  • Pertanyaannya adalah bila kamu harus memilih, kamu akan menjadi team siapa? #TeamLaila, #TeamElias, #TeamHelene atau #TeamKeenan? Beri alasannya ya. Tulis di kolom komentar beserta nama dan link share.
          Contoh:

          Nama: 
          Link Share:
          Jawaban: Aku mau jadi #TeamHelene karena Helene aku banget, mencintai dengan caranya.

  • Giveaway di blog ini akan berlangsung sampai tanggal 24 Desember 2016. Dan akan kuumumkan secepatnya di blog dan twitter.
GOOD LUCK











29 komentar:

Andini Ginanti Tuzzahra mengatakan...

NamaL Andini Ginanti Tuzzahra
Link Share: https://twitter.com/andinigt/status/811437859366277120
Aku bakal jadi #TeamElias, karena aku emang ga seperti Elias tapi menjadi pengikutnyaa aku bersedia dan akan setia hoho, Keenan memang memiliki daya pikat yang super tapi ia seperti bintang yang hanya untuk dinikmati, sementara Elias seperti Dewa yang membuat segan

Rima mengatakan...

Nama: Rimadian Ulfa Y (@AdinRim)
Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/811437776809828352

Bila kamu harus memilih, kamu akan menjadi team siapa? #TeamLaia, #TeamElias, #TeamHelene atau #TeamKeenan? Beri alasannya ya..

Jawaban: aku pilih #TeamLaia dong,, alasannya... Yg pertama jelas karena kita sama-sama cewek (:D), dia termasuk tokoh yg inspiratif banget -dari gadis yg digambarkan penakut, namun mempunyai tekat yang kuat, jadi budak sekaligus mata-mata Sang Komandan. Bisa dibayangkan kan derajat budak itu kayaknya rendahhh bingit, tapi itu justru mengecoh orang untuk tahu bahwa dia ternyata mata-mata (aku suka berpikir kalau mata-mata itu wow gimana gitu). Jadi kesimpulannya suka aja sama tokoh yg kelihatan lemah di luar, tapi kuat di dalamnya -seperti saya, haha.

Unknown mengatakan...

Nama: Maya Elfiani Yudistira
Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/811446771599609856
Jawaban: I stand to #TeamElias!
Entah kenapa kalo baca dari deskripsi di atas kayaknya pesona Elias itu luar biasa menarik saya buat jadi pendukung dia :D

Nunaalia mengatakan...

Nama: Aulia
Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/811448558691950594

Jawaban:
Aku #TeamLaila
Meskipun Laila seorang cewek penakut tapi dia punya rasa sayang yg besar pada kakaknya hingga bertekad kuat melakukan apapun untuk membebaskan kakaknya, walau harus menjadi mata-mata. Ini membuktikan walaupun Laila terlihat rapuh, namun sesungguhnya dia memiliki jiwa yg kuat. Gambaran seorang perempuan sejati.

Unknown mengatakan...

Nama : Wanda Istiqomah Z.
Link share : https://mobile.twitter.com/wandha_i/status/811466304720769025
Jawaban : Aku pilih #TeamHelene Entah kenapa aku justru lebih suka pada Helene daripada Laia, tokoh utamanya sendiri. Helene digambarkan sebagai sosok yang kuat dan mampu memikat orang dengan caranya sendiri. Ada sisi baik dari dirinya yang aku rasa berbeda dengan kebaikan yang dimiliki oleh tokoh lainnya. Dan aku suka sekali pada karakter perempuan seperti ini:)

Bety Kusumawardhani mengatakan...

Nama: Bety Kusumawardhani
Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/811488854792278016?p=v

Aku ingin jadi #TeamHelene karena aku telah tertarik tokoh ini dari pendiskripsian pertama di review di atas. Helene itu memang punya daya tarik yang magis bagi pembaca. Tokoh ini ibarat air tenang menghanyutkan karena fisiknya menarik dan cantik dengan mata biru pucat dan rambut pirang keperakan tetapi ternyata dia adalah seorang martial sejati yg kuat. Aku pikir orang tidak akan menyangka kalo cewek seperti Helene bisa ikut ujian yg diberikan Augur bersama Elias.

Unknown mengatakan...

Nama: Tisyvana
Link Share: https://twitter.com/Srificha/status/811501198356332544
Jawaban: Aku mau jadi #TeamLaia, menurutku sosok Laia merepresentasikan sosok diri setiap wanita yang sebenarnya, penakut. Setiap wanita (dan juga pria) punya rasa takut dan ragu pada kemampuannya sendiri. Kadang masih belum bisa lepas dari orang-orang yang dicintainya, namun jauh didalam hati, di dalam diri yang tidak disadari saat seseorang itu takut tersimpan tekad untuk melindungi, menjaga dan takut kehilangan orang-orang yang dicintai. Seperti itulah aku mengagumi Laia dan ketakutan pada dirinya yang pada akhirnya membuat ia kuat.

Menangkan aku ya kak, trims.

Humaira mengatakan...

Nama : Humaira
Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/811527856790507520?p=v
Jawaban : Aku mau jadi #TeamLaia karena aku tertarik dengan karakternya, rela menyamar dan menghadapi rasa takutnya demi membebaskan sang kakak. Laia jadi seorang budak perempuan yang pemberani.

Hitam Putih mengatakan...

Nama: Ana Bahtera
Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/811529377577988096

jawaban:
Aku mau jadi #TeamKeenan karena dari blogtour pertama udah jatuh cinta dengan cowok sederhana dan menarik yang selalu berbaik hati kepada orang-orang di sekelilingnya.

Unknown mengatakan...

Nama : Ajeng Yps
Link share : https://twitter.com/ajengyps/status/811571735493345280

Jawaban : Jadi #TeamLaia dong. Kenapa? Karena dia buat aku kagum dengan sifat keberaniannya. Rela mengorbankan dirinya sendiri untuk membebaskan kakaknya. Dan menurut aku wanita seperti Laia ini emang perlu didukung. Pokoknya dia keren banget deh, salut beneran ><

Insan Gumelar Ciptaning Gusti mengatakan...

Nama: insan gumelar ciptaning gusti
Link Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/811590522082988032

Jawaban: Aku mau jadi #TeamKeenan, soalnya Keenan itu tipe aku banget. Sederhana, santai aja gitu dengan penampilannya, perhatian dengan caranya sendiri walaupun kadang terkesan dingin, terkendali dengan pikirannya, emosinya. Mirip sama seseorang yang entah sekarang ada dimana. 😓😓😭

Unknown mengatakan...

Nama: Nela Norhela S

 Link share: https://twitter.com/Nelahela/status/811709096134967296

Aku masuk #TeamLaia karena, Laia itu meskipun lemah, tapi dia punya tekad yg kuat, semangat yg tinggi, bahkan rela menjadi budak, menjadi matamata Komandan Blackcliff hanya untuk menyelamatkan kakaknya. Apalagi Elias dan Keenan jatuh hati dengan Laia, kan? Jadi, pasti dia mempunyai pemikiran yg.. apa ya? yg wow gitu lah, dia juga sepertinya memiliki daya tarik tersendiri yg membuat orang2 di sekitarnya menyukainya atau penasaran dgn seorang Laia ini.
Ini cuma pemikiranku aja sih, dari beberapa review yg kubaca.

Everything with Athaya mengatakan...

Pertanyaannya ditentukan dari penerbit y? Mungkin jawabannya ada di host blogtour selanjutnya 😆

Unknown mengatakan...

Nama : Tri Indah Permatasari
Link share : https://mobile.twitter.com/LiebeIs0503/status/811723494018777088?p=v
Jawwban : #TimKeenan 😍😍 Namanya juga cinta pada pandangan pertama ya...sejak Spring pertama kali ngerilis set bookmarks novel AEITA aku langsung kepincut sama Keenan. Apalagi habis baca reviewnya, Keenan bikin gemes ih. Jadi makin cinta, makin ngidam kepengen novelnya. Hehe.

Unknown mengatakan...



Nama : Mimi Fachriyah

Link Share: https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/811724897722531840?p=v

Jawaban:

Aku mau jadi #TeamElias

Karena aku dan Elias memiliki visi dan misi yang hampir sama. Elias ingin kebebasan, aku juga. Elias yang katanya diam-diam pemberontak, aku juga iya (´・_・`). Alangkah indahnya jika aku dan Elias bisa berjuang bersama untuk meraih apa yang kami inginkan. Lagi pula, katanya Elias itu pria yang hampir sempurna, jadi gadis mana yang tak mau menjadi pengikutnya?. aku pun memutuskan untuk menjadi #TeamElias dan menjadi pengikut setianya. Hihi

romanitamore mengatakan...

Hay Aya, pertanyaan diserahkan kepada masing-masing host. Untuk jawaban ada di review. Baca baik-baik ya :)

Erika Reieru mengatakan...

Nama : Erika Puutri Gustiana
Link share : https://twitter.com/ErikaGustyana/status/811841059395223552

Aku #TeamKeenan, soalnya dari ketiga review yang aku baca, gak tahu kenapa aku udah suka sama karakternya Keenan. Hihi biar sekalian fangirling. wkwk xD

Fanny mengatakan...

Nama: Fanny
Link share: https://twitter.com/frangifanny/status/811855690805309441

aku #TeamElias !
walaupun Keenan juga terkesan oke, tapi tetep Elias yang nyantol di aku. aku suka betapa Elias berbeda dengan ibunya, dia berani memilih jalannya sendiri (mana kok dari deskripsi fisiknya dia menarik banget gitu, ini superficial banget haduh, tapi gimana :"D )

go go Kangmas Elias! adek disini rooting for you :*

Calista World mengatakan...

Nama: Ayu Calista

Link Share: https://twitter.com/ayucalista18/status/811796924898512896

Jawaban: Aku mau jadi #TeamElias karena cobaan hidup Elias itu berat banget apalagi Ibunya itu enggak suka sama dia walau anaknya sendiri. Elias juga harus memilih mempertahankan cintanya atau takdir, ujian kekaisaran. Wah, aku bakal mendukung tiap pilihan Elias dengan sedikit bantuan pertimbangan pasti.
Kalau di dunia nyata seperti anak sulung yang harus membesarkan adik-adiknya.

Unknown mengatakan...

Nama:Silvia

Link: @fictionlists's Tweet: https://twitter.com/fictionlists/status/812198093781225472
Jawaban: Aku mau jadi #TeamElias karena nama dia unik, tubuh dia tinggi (195 cm?? Wow) dan matanya abu-abu pucat (yumm). Selain itu setelah bawa review, kusimpulkan dia orangnya cakap (dan juga cakep). Gak bisa nolak untuk jadi team-nya hehe

Rizki mengatakan...

Nama: Rizki Fitriani
Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/812231445770956800

Jawaban:
#TimLaia kenapa? Sosok gadis penakut yg memiliki tekad kuat. Aku menjadikan Laia sebagai panutanku. Aku penakut tp tidak memiliki tekad sebesar Laia, ingin belajar kepada Laia. Seorang yang rela melakukan apa saja demi memyelamatkan sang kakak.
Dan aku ingin berada di posisi Laia yg dikelilingi Lelaki sangar macam Elias dan Keenan

Unknown mengatakan...

Nama : Rizky Tria Octasiana
link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/812284775998361600?p=v
Aku pilih #TeamHelene.
Si Martial sejati yang kuat :v
aku tertarik sama karakter si Helene ini.
Dari gambaran fisiknya yang mempunyai mata biru pucat, rambut pirang keperakan yang dikepang melingkari kepalanya bagai mahkota, dan tinggi hampir 180cm, aku kok bayanginnya kaya tokoh anime gitu ya. Hm, aku terpana -,-
Helene ini satu-satunya gadis yang berada di Blackcliff. Ini nih yang menarik, Helene memikat semua orang di Blackcliff dengan cara yang tidak masuk akal.
Alasan terakhir, sifat Helene sedikit mirip sama aku. Yap, patuh, takut melanggar aturan.

She Spica mengatakan...

Nama: Diah P
Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/812322983960158208

Saya pilih #TeamLaia karena menurut saya hanya Laia yg berjuang habis2an atas nama cinta kepada anggota keluarganya, yg di sini adalah sang kakak. Niat tulus inilah yg membuat saya jatuh hati pada sosok Laia yg berusaha mnjadi tangguh selemah apapun kenyataannya dia. Salut!

Unknown mengatakan...

Nama: Rinita
Link Share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/812313919842750465?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7751920540
Jawabanku: #TeamElias
Alasanku: Elias itu...Sempurna. Memesona. Tampan. Pantang
Menyerah. Bersifat ramah dan tidak menunjukkan sifat cool/dingin, sehingga bisa disukai banyak orang.

Unknown mengatakan...

Nama: Larastanie Afdha
Link Share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/812434015546318848?p=v

Aku memilih #TeamLaia karena dia sebagai perempuan yang awalnya penakut akhirnya berani dan mempunyai tekad kuat untuk membebaskan sang kakak. Dia rela menjadi mata-mata sekaligus seorang Budak untuk menyelamatkan salah satu anggota keluarga nya. Disini sangat terlihat jelas bahwa perempuan seperti Laia bisa rela berkorban demi keluarga nya, dia sebenarnya tipikal perempuan yang Pemberani dan mempunyai rasa cinta yang besar pada keluarga.

Unknown mengatakan...

Nama: Kimi
Link Share: https://twitter.com/__kimmiki__/status/812466094241759232

Jawaban: Aku mau jadi #TeamElias , karna Elias sosok cowok yang perfect. Kuat tapi manis.

Unknown mengatakan...

Esti
https://twitter.com/estiyuliastri/status/811708770451496961

#TeamLaia, karna sosoknya sangat menginspirasi & patut dijadikan teladan. Laia mampu melawan rasa takutnya, demi membebaskan sang kakak tercinta. Sungguh beruntung jika aku memiliki adik perempuan seperti Laia. Dari luar nampak kuat & tegar, namun di dalam hatinya memiliki jiwa lembut & penuh kasih sayang. Sosok wanita yg istri-able!

Unknown mengatakan...

Nama: Rohaenah
Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/812640729122021376
Jawaban: #TeamElias dong. Pejuang sejati, tangguh, tinggi, kayanya komplit deh buat pria idaman😊

Rini Cipta Rahayu mengatakan...

Rini Cipta Rahayu
https://twitter.com/RiniCipta/status/812703844522029056

#TeamLaia
Rela berkorban demi kakaknya, meski ia tahu ini tak akan mudah. Panutan banget! Sosok wanita yang tangguh dan pemberani :)

[Review & Giveaway] Blogtour The Boy Who Bought Me Breakfast During The Whole Year - Ikumisa

Judul: The Boy Who Bought Me Breakfasy During The Whole Year Penulis: Ikumisa Penerbit: Haru Terbit: Februari 2019 Tebal: 356 ISBN: ...